Rabu, 02 Mei 2018

MACAM –MACAM ALAT BANTU FOTOGRAFI DAN GAMBARNYA


Halo teman –teman! Untuk kalian yang sedang tertarik dengan fotografi kali ini saya akan membahas tentang apa saja macam-macam alat bantu fotografi, alat bantu fotografi terbagi menjadi 2 yaitu alat bantu fotografi pemotretan dan alat bantu fotografi pencahayaan, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan berbagai alat bantu fotografi beserta gambarnya sehingga teman-teman semua dapat mengetahui secara jelas alat bantu fotografi tersebut. Mari kita bersama –sama simak pemabahasannya berikut ini.

Macam - Macam Alat Bantu Fotografi beserta Gambarnya


1. Filter

Filter merupakan sebuah perangkat bantu pemotretan yang berfungsi untuk menyaring cahaya yang datang ke lensa agar menimbulkan efek sesuai dengan jenis Filter yang digunakan. Filter digunakan pada lensa sebagai tambahan pemotretan yang di letakan di depan lensa.


2. Tudung Lensa

Tudung Lensa berguna sebagai penghalang/menghilangkan cahaya yang tidak diinginkan datang ke lensa kamera yang dapat mengakibatkan flare pada hasil pemotretan. Flare ini dapat merusak hasil foto yang diinginkan. Tudung Lensa ini sangat berguna terutama pada saat pemotretan yang berhadapan langsung dengan datangnya arah cahaya.



3. Tripod

Tripod merupakan alat bantu pemotretan sebagai fungsi penyangga kamera agar tidak ada terjadinya goncangan (shaking) saat pemotretan. Tripod sangat cocok untuk pengambilan gambar yang menggunakan speed rendah dan sebagai menompang lensa yang panjang.



4. Monopod

Tidak jauh berbeda dengan Tripod, Monopod merupakan alat bantu pemotretan yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan tripod hanya saja monopod hanya memiliki 1 kaki penyangga sehingga sangat praktis untuk digunakan.



5. Background

Background atau kain yang sering digunakan untuk berbagai situasi pemotretan seperti pernikahan, pembuatan iklan, pemotretan studio dan sebagainya. Kain ini sebagai latar belakang dari objek yang di foto, biasanya background ini menggunakan berbagai macam gambar, pola serta warna seperti green screen.



6. Stand Background

Alat ini sebagai pembantu berdirinya background yang digunakan. Stand Background setidaknya memiliki 2 stand untuk penyangga yang dapat di naik turunkan sesuai kebutuhan.



7. Payung Reflektor

Payung ini berguna agar cahaya yang dihasilkan pada gambar lebih luas, sehingga bayangan dan cahaya keseluruhan nampak menjadi lebih halus.



8. Light Stand

Light Stand merupakan alat yang dapat digunakan sebagai menyangga lampu studio.



9. Honeycomb

Honeycomp merupakan alat yang mirip dengan filter dengan bentuk bulat seperti sarang tawon, jika filter di pasang didepan lensa honeycomp dipasang pada lampu/sumber cahaya. Berfungsi untuk menghaluskan cahaya yang jatuh ke arah obyek gambar.



10. Flash Meter

Seperti namanya, Flash Meter ini berfungsi untuk mengukur kekuatan sumber cahaya yang datang dalam pemotretan indoor maupun outdoor. Alat ini jauh lebih akurat di bandingkan dengan light meter yang ada pada kamera.



11. Soft Box

Soft box merupakan alat bantu fotograpi yang berfungsi sebagai pencahayaan yang lembut. Soft Box ini terbuat oleh kain yang jika semakin besar softbox maka semakin lembut cahaya yang di hasilkan. Cahaya softbox di hasilkan oleh alat bantu cahaya seperti strobo ataupun Barndoors.



12. Barndoors

Barndoors merupakan alat yang digunakan sebagai pengarah datangnya cahaya dari arah sumber cahaya. Bentuk dari Barndoors ini berbentuk persegi dan berwarna gelap.


13. Strobo

Alat yang satu ini mirip dengan flash pada camera namun ukurannya yang lebih besar. Strobo memiliki sensor yang dapat menangkap cahaya utama yang dapat menjadikan strobo ini menyala dengan otomatis ketika ada cahaya utama (main light) yang dinyalahkan. Selain itu kekuatan cahaya yang di hasilkan oleh strobo bisa diatur sesuai keinginan kita.



14. Trigger

Trigger merupakan flash tambahan yang terpisah dengan camera, sehingga flash dapat di gunakan dengan bantuan gelombang elektro tanpa harus di pasang di body kamera. Alat ini cukup efektif untuk membuat cahaya dari arah yang kita inginkan.



15. Shutter Release

Shutter Release juga bisa di sebut kabel release karena fungsi dari shutter release ini sebagai pengganti sutter pada kamera namun dengan tambahan kabel sehingga dapat meminimalisir goncangan saat menekan tombo shutter.


16. Tali Kamera / strap

Anda pasti menginginkan tali kamera yang kuat  dan yang nyaman bahkan setelah berjam-jam memotret.  Seharusnya tidak hanya menahan kamera Anda dengan aman, tapi seharusnya sangat fungsional. Ada banyak tali dari yang untuk memilih, banyak sekali bermunculan strap dengan desain unik yang sobat bisa dapatkan di pasaran.



17. GorillaPod
Ini adalah tambahan kecil yang bagus untuk tripod berukuran besar. Ini adalah tripod mini yang ringan, kokoh,fungsional, dan sangat fleksibel. Ini sempurna bila Anda membutuhkan kaki yang mantap untuk kamera tapi tidak ingin membawa tripod besar.


18. Hoodman Loupe

Alat ini dapat memberikan tampilan gambar yang bebas silau pada layar LCD kamera Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah memeriksa hasil jepretan anda .
Karena seringkali melihat lcd pada cahaya terik panas yang silau, gambar yang kita lihat pada layar kamera kita tidak sama dengan apa yang nanti akan kita lihat di monitor PC atau laptop. Pikir anda sudah bagus ternyata, hmmm….


19. Baterai dan Memory Card tambahan

Peralatan fotografi berikutnya  yang dibutuhkan adalah baterai cadangan dan memori cadangan, karena ketika sedang banyak momen yang bisa kita bidik atau kita sedang dalam tugas memotret dalam waktu panjang, kehabisan memory atau baterai itu adalah suatu bencana. Belajarlah dari kesalahan fotografer lain.

Nah, teman - teman itulah tadi beberapa macam - macam alat bantu fotografi yang dapat saya paparkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimaksih


DAFTAR PUSTAKA


http://www.fotovideo.id/alat-bantu-fotografi-beserta-fungsi-dan-gambarnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar